Pemrograman Prosedural

Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti langkah-langkah didalam algoritma menyatakan proses yang procedural. Definisi prosedur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Prosedur :      1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktifitas;

2. metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu

masalah (KBB1 1998)

Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi  terdiri atas runtutan ( sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan/kondisional. Data yang disimpan didalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun. Kita katakan bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau procedural. Paradigm pemrograman seperti ini dinamakan Pemrograman Prosedural. Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C mendukung kegiatan pemrograman procedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa procedural.

Selain paradigm pemrograman procedural, paradigm pemrograman yang poluler saat ini adalah Pemrograman Berorientasi Objek (object Oriented Programming atau OOP). Pada paradigm ini, data dan instruksi dibungkus (encapsulation) menjadi satu. Kesatuan ini disebut kelas (class) dan instansiasi kelas pada saat run-time disebut objek (object). Data didalam objek hanya dapat diaksesoleh instruksi yang ada didalam objek itu saja.

Tinggalkan komentar