RESUME PRAKTIKUM

Processor

Pada pertemuan tanggal 27 Oktober 2010 kemarin kita telah membahas tentang processor yang ada didalam laptop kita masing-masing. Untuk mengetahui secara detail apa aja yang ada didalam processor kita, sebelumnya dilaptop sudah  di-instal CPU-Z, dengan menggunakan  CPU-Z kita dapat melihat apa aja  kelebihan dan kekurangan yang ada didalam processor kita.

Setelah kita membuka CPU-Z  yang kita bahas adalah mengenai CPUnya, didalam CPU itu dibagi lagi menjadi 3 bagian yang lebih spesifik. Bagian pertama membahas Processor, yaitu:

  • Processor Codename merupakan sebutan bagi jenis-jenis purwarupa (prototipe) processor-processor yang masih ada dalam pengembangan.Intel, AMD, VIA Cyrix umumnya memberikan nama kode kepada prosesor mereka kepada publik, sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produk baru. Processor memiliki nama misalnya intel Pentium, intel dual core, intel core 2 duo, intel centrino duo, dan lain-lain.
  • Package adalah tempat atau yang disebut rumahnya processor.
  • Technology adalah proses publikasi pembuatan processor, semakin kecil semakin bagus karena penyebaran panasnya akan semakin kecil pula).
  • Specification adalah kecepatan processor
  • Instruction adalah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Instruksi disimpan dalam memori utama, menunggu untuk diproses oleh prosesor. Instruksi  processor ada banyak yaitu, instruksi buat grafis (MMX), instruksi buat algoritma (XSE),instruksi 64 bit (EM64T), Instruksi  virtual dan lain-lain.

Bagian kedua, yang kita bahas adalah Cloks ( Core ), yaitu:

  • Core speed adalah kecepatan suatu core processor per satuan die.
  • Multiplier adalah pengkali bus speed yang hasilnya core speed. Dan merupakan penghubung antara core speed dengan speed bus.
  • Speed bus yaitu alat yang berfungsi sebagai pengalir data dari processor ke computer
  • QPI-Link adalah penghubung processor dengan northbridge. Yang merupakan kecepatan bus pengganti FSB, kalau FSB adalah jalur transmisi data antara chipset, prosessor dan memory, QPI lebih sederhana lagi. QPI adalah kecepatan transmisi data dari prosessor ke chipset.

Bagian ketiga, Cache:

Cache adalah memory sementara yang berada diantara memory dan Ram supaya tidak terjadi bootleneck. Dan juga merupakan  memori lokal yang mengurangi waktu tunggu untuk informasi yang tersimpan dalam RAM (Random Access Memory). Akibatnya, komputer memori utama lebih lambat dibandingkan dengan prosesor. Namun demikian, jenis memori yang lebih cepat, tetapi yang memiliki biaya yang sangat meningkat. Solusinya adalah karena itu untuk menyertakan jenis ini dekat memori lokal untuk prosesor dan untuk sementara menyimpan data primer untuk diproses di dalamnya.

  • Tingkat satu cache memori. Level 1 cache dapat diakses dengan sangat cepat. . Akses pendekatan waktu tunggu yang dari register prosesor internal. (disebut Cache L1, untuk Level 1 Cache) secara langsung terintegrasi ke dalam prosesor. Hal ini dibagi menjadi dua bagian: Bagian pertama adalah cache instruksi, yang berisi petunjuk dari RAM yang telah diterjemahkan saat mereka datang di pipa. Bagian kedua adalah data cache, yang berisi data dari RAM dan data terakhir digunakan selama operasi prosesor.
  • Tingkat dua cache memori (disebut L2 Cache, untuk Level 2 Cache) terletak dalam kasus bersama dengan prosesor (dalam chip). Level dua cache perantara antara prosesor, dengan cache internal, dan RAM. Hal ini dapat diakses lebih cepat daripada RAM, tetapi kurang cepat dari cache satu tingkat.
  • Tingkat tiga cache memori (disebut L3 Cache, untuk Level 3 Cache) terletak pada motherboard.

Intruksi Processors MMX & CT-X

1.   MMX

Intel MMX Technology merupakan sebuah ekstensi instruksi mikroprosesor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi, terutama aplikasi multimedia, game, editor gambar dua dimensi, kompresi/dekompresi, enkripsi, dan aplikasi lainnya. Banyak orang menyebut MMX ini adalah sebuah singkatan dari Multimedia Extension atau Matrix Math Extension atau Multiple Math Extension, meski Intel sendiri tidak menyatakan bahwa MMX adalah sebuah singkatan.

Instruksi MMX ditambahkan pertama kali pada prosesor Intel Pentium MMX yang dirilis tahun 1997, yang terdiri dari 57 instruksi baru yang ditambahkan. Semua instruksi tersebut merupakan instruksi yang dalam istilah Arsitektur Komputer disebut dengan SIMD (Single Instruction Multiple Data)

2.   VT-X

VT-X: menerjemahkan perintah dari prosesor. Mesin usulan mampu menyederhanakan virtual monitors (VMMs) meningkatkan kinerja virtual system

Tinggalkan komentar